Perintah " Autocad mudah di pahami

Daftar Command AutoCAD

Berikut ini adalah Daftar Command AutoCADyang paling sering digunakan ketika menggambar ataupun mengoperasikan AutoCAD. Saya menampilkan dalam bentuk daftar tabel untuk fungsinya, Command entry-nya, dan juga singkatannya (Command alias).
AutoCAD adalah software menggambar yang unik, karena salah satunya ada fitur untuk mengakses perintah-perintah penggambaran melalui sebuah command line. Setahu saya, fitur seperti ini tidak akan kita jumpai di software penggambaran lain seperti Photoshop atau CorelDRAW.
Command line pasti ada disemua versi AutoCAD. Dan saya yakin perusahaan pembuat software ini akan mempertahankan keberadaan command line di semua versi AutoCAD untuk memanjakan dan memudahkan pengguna lamanya.
Dengan adanya command line, pengguna AutoCAD tidak hanya bisa mengakses perintah melalui Toolbar ataupun Menu bar. Dengan demikian pengguna memiliki banyak pilihan dalam menggunakan perintah-perintah dalam mengoperasikan AutoCAD.
Saya pribadi kalau menggambar, biasanya tangan kiri standby pada keyboard untuk mengetikkan command-command entry. Sedangkan tangan kanan standby pada mouse untuk menggerakkan kursor dilayar penggambaran. Bagi saya kombinasi seperti ini menjadikan menggambar lebih efektif dan menyenangkan.
Menggunakan AutoCAD command untuk menggambar, sebenarnya ada kekurangannya. Kita harus hafal command entry-nya barus bisa menggambar. Tetapi kalau sudah hafal dan terbiasa menggunakan, maka proses menggambar bisa lebih cepat. Apalagi kalau sudah tahu singkatan (AutoCAD command aliases) dari sebuah command entry, maka menggunakan AutoCAD bisa lebih asik.
Untuk itulah, dibawah ini saya menampilkan AutoCAD Command List yang sering digunakan ketika melakukan penggambaran di AutoCAD. Saya tidak menampilkan semua Command yang ada di AutoCAD, karena tentunya akan sangat banyak sekali (Ada lebih dari 400 commands dalam AutoCAD). Pada tabel dibawah ini saya hanya memilih yang paling sering digunakan.

Daftar Command AutoCAD Yang Sering Digunakan

NoCommand AliasCommandFungsi
1AARCUntuk membuat garis melengkung
2AAAREAUntuk menghitung area atau luas
3ARARRAYUntuk memperbanyak jumlah objek
4BBLOCKUntuk membuat/ mendefinisikan sebuah block
5BHHATCHUntuk mengarsir sebuah objek
6BOBOUNDARYUntuk membuat boundary/ region dari area tertutup
7CCIRCLEUntuk membuat lingkaran
8CHPROPERTIESUntuk menampilkan menu properties
9COLCOLORUntuk mewarnai objek
10COCOPYUntuk meng-copy objek
11DDIMSTYLEUntuk memunculkan kotak dialog dimstyle manager
12DALDIMALIGNEDUntuk memunculkan dimensi panjang garis
13DANDIMANGULARUntuk memunculkan dimensi sudut
14DARDIMARCUntuk memunculkan dimensi panjang garis melengkung
15DBADIMBASELINEUntuk memunculkan dimensi panjang baseline
16DIDISTUntuk mengetahui panjang suatu garis
17EERASEUntuk menghapus objek
18ELELLIPSEUntuk membuat objek ellipse
19EXEXTENDUntuk memperpanjang garis
20EXITQUITUntuk menutup program
21HHATCHUntuk mengarsir objek
22IINSERTUntuk memasukkan sebuah block
23LLINEUntuk membuat garis
24LALAYERUntuk memunculkan layer properties manager
25LENLENGTHENUntuk memanjangkan garis
26MMOVEUntuk memindah atau menggeser objek
27MIMIRRORUntuk mencerminkan objek
28MTMTEXTUntuk membuat multiline text
29OOFFSETUntuk meng-copy objek berdasarkan jarak tertentu
30OSOSNAPUntuk menampilkan kotak dialog objek snap
31PPANUntuk menggeser layar
32PEPEDITUntuk mengedit sebuah polyline
33PLPLINEUntuk membuat polyline
34POPOINTUntuk membuat titik
35POLPOLYGONUntuk membuat polygon
36PRINTPLOTUntuk mencetak atau mem-print
37ROROTATEUntuk memutar objek
38SCSCALEUntuk merubah ukuran objek berdasarkan skala
39TBTABLEUntuk membuat tabel
40TRTRIMUntuk memotong objek
41ZZOOMUntuk mengatur ukuran tampilan objek dilayar
  
Pada tabel diatas, penggunaan huruf kecil maupun besar ketika mengetikkan command, fungsi dan hasilnya akan sama saja. Begitu juga kolom Command Alias dan kolom Commandmempunyai fungsi yang sama. Tapi tentunya akan lebih efektif kalau kita cukup menggunakan command alias nya saja.
Begitupun pada keyboard, tombol space bar dan enter dalam penggunaan AutoCAD mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk mengeksekusi command yang sudah diketikkan. Tetapi menggunakan space bar biasanya lebih efektif, karena tombolnya lebih panjang dan mudah terjangkau oleh ibu jari.
Apabila di AutoCAD yang sedang anda gunakan command window-nya belum muncul, maka untuk menampilkannya tinggal klik menu ToolsCommand Line atau tekan Ctrl+9 pada keyboard.
Kotak Dialog Command AutoCAD
AutoCAD sebenarnya memberikan fitur kepada pengguna untuk mendefinisikan sendiri command alias (Mengenai hal ini Insha Allah akan kita bahas di artikel yang lain), akan tetapi dengan command alias bawaan dasar AutoCADsaja, sudah cukup memudahkan kita sebagai pengguna.
Demikian artikel mengenai Command AutoCAD yang sering digunakan ketika menggambar dan mengoperasikan AutoCAD. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara hack wifi mudah terupdate

Sejarah Indonesia merdeka